Pengalaman Melatih Jose Mourinho

informasi liga champion

Masih bersama manchester united, jose mourinho juga berhasil menjuarai pergelaran piala community shield yang diselenggarakan oleh asosiasi pesepakbolaan inggris ditahun dua ribu enam belas (2016) kemarin. Meskipun performa manchester united diliga primer inggris sendiri kala itu jauh dari kata bagus, namun jose mourinho sendiri telah berhasil melakukan perombakan sbobet88 ditubuh setan merah, terutama dibagian mental. Kemudian trofi terakhir yang mampu diraih oleh pelatih berpaspor portugal ini bersama dengan manchester united adalah piala liga eropa dimusim dua ribu enam belas hingga dua ribu tujuh belas (2016 – 2017) kemarin. Semusim sebelumnya, jose mourinho gagal membawa the red devils bertengger diposisi empat besar klasemen akhir liga primer inggris sehingga mereka gagal melaju ke babak utama liga champions eropa. Sekarang kita akan beranjak ke sejumlah prestasi yang telah ditorehkan oleh jose mourinho ditingkat individual. Pada tahun dua ribu lima (2005) kemarin, pelatih berjuluk the special one ini mampu memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik dunia versi onze d’or.  Lihat juga berita jose mourinho terbaru.

informasi liga champion

Sebelumnya, arsene wenger sang pelatih arsenal lah yang menjadi langganan dalam pemenang penghargaan ini setelah kiprahnya bersama arsenal yang gemilang saat itu. Selanjutnya jose mourinho juga pernah memenangkan penghargaan serupa ditahun dua ribu sepuluh (2010), yakni pelatih terbaik dunia namun kali ini lebih bergengsi lantaran diberikan oleh FIFA alias federasi yang mengepalai seluruh asosiasi pesepakbolaan dunia. Trofi yang satu ini berhasil dibawa pulang oleh jose mourinho setelah ia mampu menyabet treble alias raihan tiga (3) gelar bergengsi dalam semusim bersama dengan internazionale milan. Jose mourinho juga sempat mendapatkan predikat sebagai pelatih terbaik didunia versi iffhs, alias organisasi yang bertugas untuk mengumpulkan statistik pada setiap pertandingan sepakbola sebanyak empat (4) kali, yakni ditahun dua ribu empat (2004), dua ribu lima (2005), dua ribu sepuluh (2010), dan yang terakhir ditahun 2012.

Dari sini bisa dilihat bahwa memang mampu memenangkan turnamen apapun dengan tim manapun juga. Berikutnya jose mourinho juga mampu menggondol penghargaan sebagai pelatih terbaik yang merumput di liga primer inggris sebanyak tiga kali (3), pada musim dua ribu empat hingga dua ribu lima (2004 – 2005), lalu 2005 hingga 2006, dan yang terakhir musim 2014 – 2015. Yang menariknya disini, ketiga penghargaan itu dimenangkan oleh pelatih berpaspor portugal ini ketika dirinya melatih chelsea, klub yang memang lekat dengannya dimata para penggemar sepakbola. Selain itu, jose mourinho juga sempat memenangkan penghargaan serupa, yakni pelatih terbaik di liga primer inggris, yakni dibulan november tahun dua ribu empat (2004), januari dua ribu lima (2005), dan terakhir dibulan maret tahun dua ribu tujuh (2007). Saat itu memang bisa dikatakan sebagai masanya dari seorang jose mourinho, dimana bursa transfer dan harga pemain belumlah segila sekarang, dan manchester city mulai mendominasi pesepakbolaan inggris. Bersama internazionale milan, jose mourinho juga sempat memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik di serie a italia secara berturut – turut, yakni dimusim dua ribu delapan hingga dua ribu sembilan (2008 – 2009) dan 2009 sampai 2010. Memang pelatih berjuluk the special one ini berhasil mengangkat performa klub berjuluk nerazzuri tersebut sehingga mereka mampu menggondol treble alias raihan tiga gelar dalam semusim dimusim keduanya di giuseppe meazza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *